Bersepeda




Olahraga yang banyak digemari akhir akhir ini oleh remaja dewasa dan semua kalangan .

Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu moda transportasi darat yang menggunakan sepeda. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya bukit-bukit, medan yang terjal maupun hanya sekedar berlomba kecepatan saja.

Olahraga bersepeda profesional dinamakan balap sepeda.

Orang yang mempergunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin juga dapat disebut komuter. Penggunaan sepeda sebagai moda transportasi rutin tidak hanya dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor non-formal, tetapi juga dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor formal.

Para pekerja di sektor formal yang menggunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin ini sebagian besar tergabung dalam komunitas pekerja bersepeda atau yang dikenal dengan nama Bike To Work Indonesia (B2W Indonesia).


Sebagai Penunjang Bersepeda , maka Indonesia mengadakan Car free day atau hari bebas kendaraan bermotor




Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor dirumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor Di jakarta



Dilaksanakan hari minggu terakhir setiap bulan di Jakarta diselenggarakan hari bebas kendaraan bermotor di kawasan Jl. Sudirman dan Jl. Thamrin, dimana hanya pejalan kaki dan masyarakat yang bersepeda /sepeda listrik yang boleh memasuki koridor tersebut kecuali menggunakan angkutan umum termasuk busway masih bisa tetap beroperasi. Hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta berlangsung selama 8 jam dari 06:00 WIB sampai 14:00 WIB, namun karena banyak keluhan dari masyarak akhirnya pada hari Minggu, 26 April 2009 di persingkat 2 jam


AYO BERSEPEDA


Comments

Popular Posts