Yes, I'm a Fresh Graduate , i am ...



I’m a FRESH GRADUATE FROM a UNIVERSITY

Hello world , selamat malam
Saat ini saya baru lulus and guess what ? yaa saya mencari pekerjaan
As a fresh graduated yang ga pernah sekalipun menyentuh dunia pekerjaan :/
As a fresh graduated kita pasti di hadapkan sama 2 choice, yaitu mencari pekerjaan atau membuat lahan pekerjaan baru, pilihan pertama still be my favorite karena untuk membuat lahan pekerjaan baru (baca:pengusaha) still far from my basic .
Sesuai judul di atas disini gue mau cerita tentang pengalaman ‘new title’ sebagai fresh graduate, (bahasa kerennya) / bisa sama dengan (a.k.a)  ‘pengangguran baru’
Sebelumnya mau ngasih tau sesuatu:
(blink) “From Zero Is Never Been Easy” (/blink)
ntah sudah berapa lembar curriculum vitae (CV) yang saya print , dan sudah berapa banyak surat lamaran yang saya edit dan amplop cokelat yang disediakan, dll ~
Semangat? HARUS selalu setiap waktu tapi pasti adakalanya hopeless pasti kan? (really hate this word, hopeless feel)
Yap, that I feel as long as a fresh graduate , with zero experience and no connection.
Koneksi / orang dalem memang sangat penting dan tentu nya membantu banget tapi emang prinsip juga apa juga gue harus coba lakuin dulu semampu gue , be independent, tahan dulu meminta bantuan saudara /bantuan orang dalam lainnya,  ikhtiar berdoa selebihnya ya result , proses harus kita suka, karena no proses sukses itu mustahil.
Insyaallah , gaada yang bilang mudah sih gaada sama sekali , alasan lain beban moril dan bahan omongan dari koneksi atau bantuan juga ada enak atau enggak nya.
Sebenernya memang dunia itu sudah menerapkan sistem “kolusi” dan kalau memang kita mau “DIFFERENT” from the others harus siap untuk (blink) jatuh & bangun (/blink)
 Harus siap untuk jatuh dan untuk kemudian bangun dan terus siap hadapin kemungkinan terburuk gagal dan jatuh yang pernah dialamin akan jadi pengalaman untuk tidak jatuh di lubang yang sama dan untuk bangun agar lebih kuat.
Tapi saya selalu bersyukur dikelilingi teman dan sahabat yang setia ga pernah letih memberi semangat berbagi suka duka , terimakasih buat kesayangan gue somad dan acid .
Best friend like a sister , hilda , citra dan dini . Kalian benar benar pribadi yang luar biasa
Teman teman kampus dan seperjuangan .
Pemilihan pekerjaan yang jangka panjang pun harus dipilih, asal diterima dan ambil bukan tipe saya juga , lingkungan , adaptasi tapi tetep ga boleh mengeluh kalau sudah ambil keputusan .


CV a.k.a curriculum vitae , surat lamaran, foto 4x6 atau 3x4 (biasanya by request), transkip nilai, SKL atau IJAZAH, fotokopi sertifikat (organisasi atau toefl dan sertifikat lainnya yang bias jadi nilai lebih)

 Menjadi bahan “WAJIB” gue as a fresh graduate 

Semangat 45 dan percaya diri , dari lulus selesai sidang , liburan , quality time buat keluarga dan mulai fokus semenjak wisuda .
(blink) JOB EXPO (/blink)
Pasar / pameran ajang pencarian kerja , bayar tiket masuk, disana para jobseeker melimpah mencari pekerjaan idaman yang cocok dan APPLY langsung disana, ada juga yang langsung test, ada juga yang WALK IN INTERVIEW, cukup sedia surat lamaran semua hardcopy sekarang makin maju jadi bisa cuman bawa soft copy cukup transfer via flash disk ada juga yang sekarang system barcode tinggal sebut no registrasi sebelumnya sudah registrasi taro cv dll , “penemu nya pasti masuk surga”
Lumayan ngurangin global warming, praktis :D

Pertama banget ikut job expo di JCC SENAYAN pertama kalinya bingung sih dari daftar dll , alhasil gaada yg gue apply sama sekali (hening), karena sama sekali gaada yg gue minat dan interest.
Kedua JOB EXPO BINUS , ya disini menurut gue bagus dari pembagian stand sama memang kebanyakan perusahaan IT jadi gue banyak apply disini . Ada 1 Perusahaan yang gue lirik abis sebut aja perusahaan A perusahaan Swedia nih agak gimana sih tapi confident aja apply dan disini langsung disuruh test yaudah gue kerjain test bareng yg lain gabisa nyontek juga soalnya susah , dikasih waktu 1 jam terus keliling lagi dan apply lumayan banyak perusahaan .
Dan resultnya cepet besoknya sms banyak yang berdatangan , kira kira gini isinya :
“ ANDA DIUNDANG ….. di PERUSAHAAN X ………….. BALAS YA UNTUK KONFIRMASI KEHADIRAN”

Sebelum apply apply gue juga baca tips ini sebagai fresh graduate 
1. Jangan berhenti belajar
Selesai kuliah bukan berarti anda juga selesai belajar. Justru di dunia selepas dari kehidupan kampus anda bisa mendapatkan banyak ilmu baru yang tidak anda dapatkan di bangku perkuliahan. Rajin-rajin mengikuti forum atau berdiskusi agar anda mendapat tambahan ilmu dan pengembangan diri.

2. Temukan Passion Anda
Passion atau minat ada satu hal penting yang patut anda perhatikan ketika akan mencari sebuah pekerjaan. Bagi yang sudah tahu minat dan keinginannya bekerja di mana akan lebih mudah memetakan lowongan pekerjaan apa saja yang harus dia masuki. Bila anda belum menemukan passion anda, jangan berkecil hati. Eksplorasi diri anda sampai anda tahu anda cocok bekerja di bidang apa dan memiliki kemampuan apa.
3. Meminta bantuan
Jaman sekarang, mencari pekerjaan memang susah-susah gampang dan tricky. Banyaknya lowongan pekerjaan juga berbanding lurus dengan pelamar nya. Maka tidak heran banyak fresh graduate yang sudah berbulan-bulan lulus namun belum juga mendapatkan pekerjaan. Bila anda termasuk salah satunya, tidak masa bila anda meminta bantuan kepada teman atau orang-orang terdekat untuk memberi rekomendasi lowongan pekerjaan kepada anda. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari pentingnya menjaga dan membangun koneksi dengan orang lain.
4. Berwirausaha
Anda sudah menemukan passion anda dan ternyata anda tidak ingin bekerja kantoran atau bekerja di perusahaan milik orang lain?. Anda mungkin tertarik pada bidang wirausaha. Memulai wirausaha bukan hal yang mudah tapi dengan bekal ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama kuliah bukan tidak mungkin anda membuka bisnis anda sendiri dan malah membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Pastikan anda sudah memikirkan dan membuat rencana yang matang untuk membuka usaha anda.
5. Menikah
Bila anda sudah memiliki kekasih dan sudah siap untuk menjejaki tahap yang lebih tinggi, setelah lulus kuliah dan sembari menemukan pekerjaan impian, anda bisa membangun keluarga. Dengan menikah, rasa tanggung jawab anda akan semakin besar sehingga anda tidak bermain-main dengan hidup dan pekerjaan anda serta memiliki motivasi kuat untuk memiliki karier yang bagus.
Sumber: Inc.com



 next tips wawancara kerja

Berikut ini adalah beberapa tips singkat yang berisi hal penting yang perlu dilakukan saat anda menghadapi sebuah wawancara kerja.


Mindset yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja

Jadilah Kandidat Seperti di Dalam CV
Anda mungkin bisa saja menciptakan sebuah surat lamaran dan Curriculum Vitae yang mengagumkan. Tapi jika Anda tidak mampu membicarakannya saat wawancara, sama saja bohong. Pewawancara mungkin hanya secara singkat membaca surat Anda, selebihnya dia mengharapkan Anda bisa menjelaskan secara detail tentang keahlian serta pencapaian selama ini.

Lamar Pekerjaan Sesuai Kemampuan
Pastikan Anda melamar pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Sebuah survei yang dilakukan oleh CareerXRoads Source of Hire seperti dikutip Us News, masih banyak pelamar yang tidak menyesuaikan kualifikasi mereka dengan pekerjaan yang dilamar.

Saat wawancara, tunjukkan kualifikasi dan alasan Anda cocok untuk posisi tersebut. Beritahu pewawancara detail yang lebih spesifik tentang pengalaman kerja Anda dan jangan hanya mengandalkan surat lamaran.
 
Sikap Menyenangkan
Anda pasti akan terkejut karena ada beberapa perusahaan yang memilih untuk memperkerjakan seseorang yang menyenangkan, ketimbang yang kompeten. Karena itu sikap ramah dan menyenangkan juga punya peran penting saat Anda melakukan wawancara kerja.

Beri Pemecahan Masalah
Cara memenangkan wawancara kerja lainnya adalah dengan menawarkan pemecahan masalah. Coba saja lakukan riset sebelum jadwal wawancara, temukan masalah yang sedang dihadapi perusahaan, lalu berikan solusi. Meski belum tentu perusahaan akan menerima solusi Anda, pihak pewawancara sudah memberi nilai lebih karena Anda punya inisiatif besar.

Beberapa kesalahan saat wawancara kerja

Perhatikan surat lamaran
Cover letter atau surat lamaran berbeda dengan CV (Curriculum Vitae). Kebanyakan orang lebih peduli dengan CV dibanding cover letter. Namun, cover letter menunjukkan pemahaman Anda tentang perusahaan dan industri yang Anda incar.

Buru-buru menyebutkan gaji
Inilah tahap yang bisa dibilang melegakan sekaligus sulit. Ada dua kesalahan yang biasanya umum dilakukan, yaitu pertama adalah menyebutkan masalah ini terlalu dini dan kedua adalah tidak menyebutkan sama sekali.

Anda tidak tahu kapan untuk berhenti berbicara
Berbicara lebih dari semestinya ialah kesalahan yang biasanya dibuat oleh pelamar kerja. Biasanya hal ini disebabkan oleh grogi. Pelamar kerja akan berusaha mencari jawaban yang dirasa tepat sehingga terkadang terlalu banyak berbicara.

Maka penting di sini untuk mendengarkan apa yang diinginkan oleh pewawancara. Dengarkan baik-baik pertanyaannya, lalu perhatikan bahasa tubuh si pewawancara. Jika pewawancara bolak-balik mengubah posisi duduk atau melihat jam, maka sudah waktunya Anda untuk berhenti dan lanjut ke pertanyaan berikutnya.

Menjelekkan pekerjaan Anda sebelumnya
Sepertinya ini merupakan hal yang tidak perlu diingatkan lagi. Namun terkadang, ingatan tentang kantor dan atasan yang menyebalkan masih terasa jelas maka Anda secara tidak sadar membicarakannya.

Setiap kali Anda tergoda untuk berbicara kejelekan pekerjaan Anda yang sebelumnya, tahan diri Anda. Tidak akan ada yang mau memperkerjakan seorang karyawan yang suka menjelek-jelekkan perusahaan tempatnya bekerja karena ini menandakan Anda tidak dewasa.

Anda tidak memperhatikan detail
Detail, baik berupa penampilan atau perhatian pada waktu, juga sangat penting. Pastikan Anda terlihat terawat. Tidak akan ada yang mau memperkerjakan orang dengan penampilan lusuh. Lalu, jika Anda terlambat datang wawancara karena macet, beritahukan kepada orang yang akan mewawancarai Anda.

Jabat tangan pun mampu memberikan kesan pertama tersendiri. Jaga bahasa tubuh Anda. Pewawancara akan langsung mengenali bahasa tubuh yang mempunyai empati atau hanya berpura-pura. Ketika Anda selesai diwawancara, jangan lupa ucapkan terima kasih


Panggilan pertama dari perusahaan IT , tempatnya deket akses nya mudah yaudah gue survey
(blink) First Interview, first impression, all in one feels (/blink)
Feel pertama siapin lamaran kerja sama cv persiapin hal hal yg dibawa, penampilan dll pun penting banget dalam interview pekerjaan karena segala aspek dinilai dan diliat.

1.       ADD-Ins , perusahaan ini rekanan sama windows.
Pertama langsung test teknis dan test nya bener bener susah ada yang asing banget aneh tentang ‘pseudocode’ makhluk yang ga gue kenal sama sekali …. nyesel ga ambil mata kuliah ini dulu 
              Peserta test kurang lebih 20 orang dan yang lolos 2 orang saingannya binusian hoho

2.     INDOMOBIL, bergerak di finance lumayan ternama masih test buat IT
And guest whaaaat? Gue nyasar, bagus dina bagus telat dan nyasar, ups sorry

Dan panggilan ke tiga dari perusahaan yang gue lirik itu, ga nyangka lolos , hamdallah , tempatnya di kemang dan itu emang perusahaan ok . gue kepanggil nih yg lain bareng test kemarin temen temen ga di panggil

3.    EMRIC ASIA saingan balik lagi cina nya dari binusian , langsung interview kira kira 1 jam interview campur bahasa Indonesia sama inggris Tanya seputar kuliah tugas akhir sama skill dll . interview disini bias dibilang sengit banget , harus kuat kuat argumen yang pasti biasa missal diremehin ttg skill dll di babat abis interview disini . Then test , ada 3 test disini
·        Test Pertama, 50 soal studi kasus , 5 menit.
·        Test kedua, 12 soal , uraian 5 menit
·        Test ketiga, 60 soal, 12 menit (semua test nya tentu aja in English, huft *menghelanafas)
            Penantian 2 minggu ya berarti dia pilih kandidat lain, ga nyesel seneng bgt bias kepanggil test disini 
            karena only few qualified candidates .

4.  Xsis Mitra Solusi, IT Human resources (outsourcing) test psikotest terus interview user dan disini ada pelatihan dan system pinalti yang bener bener gede , salary nya pun besar dan juga tahan ijazah , berat banget syaratnya ..

5.    Kairos, The east Building, kuningan
Perusahaan human resource , test psikotest cuman 20 menit dan 80 soal dan psikotest nya uraian dan diantara semua test psikotest bias gue bilang ini psikotest terumit dan susah yang pernah gue temuin , terus interview user dan yang interview bos nya ilmunya udah tinggi nanya nya langsung bener bener bingung jawabnya : (

6.   PT BUANA , pakubuwono disini perusahaan maintenance rumah sakit pertama di test soal teknis nya , dari erd dll semua ttg vb juga , soalnya banyak, uraian semua dan bener bener logika dan pengetahuan banget tapi ini seputar pembelajaran semasa kuliah jadi confident sih ngerjain test nya , besok nya dipanggil interview .
Disini interest , tapi yang berat banget jam kerja nya memang tinggi dan harus siap banget sabtu atau minggu kepake masuk karena maintenance software kerjaan yang gabisa dibawa kerumah jadi bener dikerjain di kantor tok, dan selain itu harus no internet connection dan juga focus kerjaan penggunaan hp sebisa mungkin bener bener ga ada, ini berat banget sebagai pengguna social media kaya gue : ( , dan juga tahan ijazah yg gue keberatan, jadi gue udah putusin mateng semateng matengnya buat lepas perusahaan ini , I’m really so sorry : (

7.      PT Interna Prima, konsultan IT pake software cognos , langsung kerja sama boss dan kerja berdasarkan request klien setelah interview , terus panggilan lagi buat rangkuman presentasi tentang materi yang dikasih , dan dipresentasiin in English didepan user, terus setelah beberapa lama dia bilang akan kirim offering , malem di cek ada offering nya terus besoknya ke kantor dan tanda tangan kontrak, salary nya ok, sesuai dengan salary kerja nya pun bener bener hectic , udah ke kantor klien dan ditempatin di pulo gadung, setelah discuss nyokap juga keberatan , gue akhirnya beraniin diri ngundurin diri ke boss, dengan balikin semua fasilitas laptop dll nya , boss nya ngerti dan untung ga ada sistem pinalti . Sorry again : (

8.     PT Intellisys , perusahaan IT Human resources , roxy , di test dan besoknya dipanggil interview user ada pelatihan dari awal tapi ntah kenapa ga begitu tertarik jadi ga diambil.

Lanjut Try my Luck at Financial (BANK) setelah coba kerja juga di IT , memang kerjaan IT berat jadi mau coba di bank . wish me luck

9.       BACK OFFICE WALK IN INTERVIEW MANDIRI , center mandiri, cikini jadi system nya langsung interview gitu cv dan isi form pelamar kerja, dan mungkin ada 300 pendaftar karena emang padet banget , interview ber 8, setelah lolos tahap ini lanjut interview user karena miss komunikasi gue ga ngehadep user setelah lolos interview awal jadi ga lanjut ke tahap test ability .

10.    Back Office PANIN BANK, kota tua disana test psikotest dan bener psikotestnya susah sekali kalau langsung under bank, terlebih ada soal seputar perbankan *otaknyapingsan

11.    Masih juga apply bidang IT gue apply jadi IT officer nya merry riana
Jadi tahap awalnya kirim cv lamaran dll setelah ini dari 200 disaring jadi 75 setelah ini test dikasih soal dan suruh jawab sekitar 5 pertanyaan , lolos 25 orang test di kantornya di kedoya Jakarta barat , test nya seru ga bosenin jadi test personality terus test kemampuan gitu kaya games jawab dank lo ga bias tuker bangku makin belakang gue pertama ni di posisi bangku no 7 jadi setiap bisa jawab ya gitu , dibagi 3 kelompok gue kelompok pertama yang memang pertama dikasih bintang karena deretan 10 besar , terus lanjut lagi terakhir posisi bangku gue itu nomor 3, setelah itu sesi Tanya jawab sama miss riana langsung seputar social media , terus selesai semua malah sesi foto foto , she is really beauty , inner beauty and outer beauty, ramah tegas dan cantik . what a lucky me foto sama motivator muda ini  :D , selesai itu nanti baru dihubungin lagi karena memang mereka cuman ambil 1 orang saingannya dosen binus hehe

12.    Staff Administrasi PANIN LIFE, Slipi bener bener cocok nih kerjaan cewek administrasi , disini test psikotest terus lanjut interview dan test komputer ttg word sama excel.

13.    IT JAMSOSTEK, under langsung jamsostek cuman dia memang rekrutmen nya pakai lain pp mini test nya online , pertama tahap administrasi lolos tahap 1 tahap 2 test dan testnya banyak banget inggris psikotest matematika jadi 1 dan belum rejeki ga lolos ke tahap 3nya.

14.    Staff Administrasi BANK DKI,Harmoni,  ini dapet dari job expo senayan job expo ketiga kali yg gue kunjungin dan cuman ini yg dipanggil haha , disini , gue telat awalnya ga boleh tp berhubung usernya jg belum ada dikasih kesempatan interview hrd 15 orang disuruh presentasi terus interview ke user yg lolos 3 orang termasuk gue dan di user emang kan boss langsung jadi memang agak harus hati hati karena pastinya tegas , terus di sini gue malah di tawarin di IT ya jelas ga gitu aja gue ambil kan liat juga IT bank DKI itu sistemnya gimana , selanjutnya tinggal nunggu psikotest kalau interview lolos

15.    Staff Administrasi BCA, PT  Exa Mitra Solusi, Sudirman , outsourcing disini psikotest dan yg lolos lanjut interview di Tanya mau pemilihan lokasi penempatan dan seperti biasa selesai semua ya disuruh nunggu kabar selanjutnya 


Dari perusahaan perusahaan banyak sesuatu hal baru dan pengalaman bgt yg gue dapet , Udah 15 perusahaan perjuangan, from zero is never been easy tetap usaha iktiar berdoa , nothing is impossible tetep semangat, usaha,  allah bless me  : D 
 Orang tua gue aja sangat bekerja keras , demi kebahagiaan dan kelayakan hidup generasi nya banting tulang sehingga anaknya bisa hidup dengan baik sekolah dll. Itu juga menjadi pemacu semangat dan jadi motivasi buat diri gue sendiri , mama pun bekerja setelah pensiun totalitas jadi ibu rumah tangga how strong women like her :) *proud , ga boleh manja terus berjuang , semangaaat :)


Berharap akan ada kelanjutan cerita dan kabar baik dari usaha ini :*

Nice to sharing thought , semoga bermanfaat : )





















Comments

si kacamata said…
Sekarang kerja dimana ka?
Verdy said…
Gimana mbak??
Jdi skrang ketrima dimana??
Unknown said…
Perjuangan lo keras banget din, kelanjutannya gmna sekrang?
Andina Dyah said…
iyaaa keras banget yah baru menyadari sekarang dan masih survive


@verdy @sikacamata .. terdampar di kementerian setelah kesana kesini (:

Popular Posts