Pertimbangan Untuk Menerima Pekerjaan / Assign a document contract

Sebelum Menandatangani Kontrak Kerja
Tawaran pekerjaan datang membawa berjuta emosi yang akan kamu rasakan. Dari mulai perasaan senang, penasaran, deg-degan, galau hingga mungkin perasaan lega karena masa pengangguranmu akan segera berakhir. Namun, kamu tidak boleh lho sembarangan menerima tawaran pekerjaan. Hal ini dikarenakan, kamu akan menghabiskan hampir sepanjang harimu di kantor dan akan berkutat dengan pekerjaan. Jadi, ada beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum mulai bekerja. Sebelum mengatakan iya kepada tawaran pekerjaan yang datang, berikut beberapa pertanyaan yang harus kamu pikirkan masak-masak agar tidak menyesal.

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Menandatangani Kontrak Kerja


Apakah Saya Nyaman Dengan Pekerjaan Ini?

Bagian HRD tentu sudah percaya bahwa kamu adalah kandidat terbaik yang cocok dengan posisi yang ditawarkan, namun ini saatnya kamu bertanya apakah kamu akan nyaman dengan pekerjaan tersebut nantinya? Tinjau kembali tanggung jawab pekerjaan nantinya dan pikirkan apakah pekerjaan tersebut yang kamu mau atau tidak. Tentu saja kamu pasti akan dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut, namun di dalam bekerja hal yang harus kamu pikirkan adalah kenyamanan dalam menjalani setumpuk tanggung jawab pekerjaan yang akan datang.

Apakah Posisi yang Ditawarkan Menantang Atau Tidak?

Hal kedua yang terpenting sebelum kamu menandatangani kontrak kerja adalah memastikan pekerjaanmu nanti menarik dan kamu bisa terus merasa tertantang untuk menyelesaikan beban pekerjaanmu. Ini menjadi penting karena pekerjaan yang tidak menarik dan tidak ada tantangan akan membuatmu cepat bosan, sehingga ada kemungkinan di awal-awal bulan bekerja, kamu sudah berpikiran untuk resign. Pastikan bahwa kamu tidak hanya bisa menyelesaikan pekerjaanmu nanti, tapi kamu juga harus bisa menemukan tantangan saat menyelesaikannya. Jika tidak, kamu akan kehilangan semangat dalam bekerja.

Apakah Saya Akan Nyaman dengan Boss dan Rekan Kerja?

Kenyamanan dalam bekerja merupakan faktor penting yang membuat betah di kantor. Tak hanya kenyamanan menjalani pekerjaan saja yang harus kamu pertimbangkan, tapi juga kenyamanan dengan para manajer dan rekan kerja. Pikirkan baik-baik apakah orang-orang di kantor tersebut dapat membuatmu nyaman atau tidak.

Apakah Lingkungan Kerja Mendukung Untuk Saya Bisa Lebih Produktif?

Dengan kata lain, apakah di kantor baru bisa membuat saya tetap fokus dan bersemangat dalam bekerja? Apakah perusahaan menyiapkan kebutuhan untuk menggapai sukses sesuai versi yang kamu punya? Mungkin profesi yang ditawakan merupakan profesi idaman banyak orang, tapi jika kamu tidak bersemangat di kantor sebaiknya lupakan menerima tawaran pekerjaan tersebut.

Apakah Saya Bangga Berkerja di Perusahaan Ini?

Saat sudah menjadi karyawan, apakah kamu merasa bangga bekerja di perusahaan tersebut? Sebelum menandatangani kontrak kerja, sebaiknya evaluasi kira-kira akankah kamu merasa bangga dengan pekerjaan dan perusahaan tersebut atau tidak? Evaluasi bisa berdasarkan dari nama perusahaan, jasa atau produk yang ditawarkan ataupun gaji yang kamu dapat. Bangga dengan pekerjaan bisa merupakan penambah semangat kamu dalam bekerja, dengan begitu produktifitas kerjapun akan meningkat.

Apakah Pekerjaan Tersebut Bisa Menunjang Ke Karir Selanjutnya?

Sebelum mulai meniti karir, sebaiknya kamu menentukan goal apa yang akan kamu raih. Sehingga, saat menandatangani kontrak kerja, kamu bisa memperkirakan apakah pekerjaan tersebut bisa menunjangmu untuk melangkah ke karir selanjutnya atau tidak. Selalu pastikan bahwa pekerjaan yang akan kamu jalani bukan hanya sebagai pelarian dari pekerjaanmu yang lama atau hanya sebagai ‘pengisi waktu sesaat’ sebelum kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Pikir dua kali bila tawaran pekerjaan tersebut tidak membantumu menuju karir impian.
jobsDBers, ingat kamu tidak boleh  asal menerima tawaran pekerjaan yang datang. Keseharian hari-harimu akan dihabiskan di kantor dan kamu akan berkutat dengan pekerjaan, jadi bisa dibayangkan kan jika misalnya kamu tidak enjoy dengan pekerjaanmu. Namun, jika kamu terlanjur menerima tawaran pekerjaan, sebaiknya kamu meninjau ulang untuk tetap bertahan di kantor yang lama atau mulai mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan passion-mu



source :
http://id.jobsdb.com/id-id/articles/pertimbangkan-hal-ini-sebelum-menerima-tawaran-pekerjaan

Adrs
andinadyahratnasari@gmail.com
andinadyahratnasari@yahoo.com



Comments

Popular Posts