BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Friday, June 24, 2011

ENTERPRENEURSHIP

Penjelasan : kenapa ambil mata kuliah ini :?
hmm mungkin jawabannya buat nambah sks hihi
engga juga sih mata kuliah ini menarik bagi yg berjiwa wirausaha seperti saya #engga sombong #sering jualan hohooo

jadi kalau kalian mau tau seluk beluk WIRAUSAHA jangan ragu mengambil mata kuliah ini :D
asik karena dosen saya kebetulan asik banget hmm

disini mau ngebahas sedikit ttg proposal usaha ..

1. disuruh membuat proposal usaha tentang kira" usaha apa yg mau kita jalani gitu .. pertama terpikir untuk pre order atau jualan pulsa , tapi MY LECTURE bilang itu namanya buka enterpreneurship namanya adalah "menyambung hidup" #miris #garuk garuk tanah

yaudah apa dong pak?
oia satu lagi yang saya suka dari dosen ini selalu MEMUJI mahasiswa yaaaa BAGOOOOOOS dia selalu memuji kita semua seneng dong yah kalau dipuji jadinya lebih SEMANGAT dosen kaya gini nih JEMPOLAN bgt :))
apapun yg kita lakuin dia puji walau salah karena sedikitnya dia melihat ada USAHA dr kita tapi pada akhirnya dia memberikan saran dan kritik yg membangun #ini baru dosen #salut :D

yaudah balik lagi ke proyek WIRAUSAHA kita saya dan kelompok menamakan diri kelompok "SUKA SUKA" ahaha sedikit #nyeleneh tp bapaknya ttp memuji yesss that's only #Pa Fabian Arman Priadi :)

Usaha tentang PANCAKE yg akhirnya kita garap #bukan sawah

cek it out :D


#sebelumnya saya kasih tau dulu dari kesalahan #biar bisa belajar :D


sebelumya PRE ORDER


KONSEP BISNIS ENTERPRENEURSHIP



Kami merencanakan untuk membuat Usaha Kecil yang bergerak di bidang makanan ringan . Yaitu adalah makanan “Bola-bola Coklat” { Rhum ball } , cemilan biskuit yg renyah memakai topping coklat / selai strawberry / selai blueberry dan bertabur mesis / keju .
Usaha ini dilakukan berdasarkan Pre-Order yaitu apabila ada yg memesan akan kami buatkan .Pemesanan bisa untuk kebutuhan pesta , ulang tahun , atau acara kumpul kumpul .
Target pemasaran kami semua kalangan , karena berdasarkan pesanan , kami mengelola blog sebagai media pemasaran kami .Untuk pemesanan minimal , adalah 100buah .
Dimana Jika Customer mengorder , kami mengenakan DP {Uang Muka} karena dibutuhkan dana untuk membuat pesanan tersebut . DP biasanya setengah dari pemesanan .Jika lunas pun bisa . Cara Pembayaran melalui transfer .
Untuk salah satu strategi pemasaran kami menggunakan blog, sebagai media iklan agar menarik para customer serta free sample .
Kami tidak ada tempat usaha karena sistem penjualan kami online .




Jenis Usaha : Makanan Ringan { bola bola coklat }
Cara Penjualan : Pre-Order { Berdasarkan pesanan}
Dana Usaha : Uang Pribadi
Pemasaran : Blog , free sample .
Target Penjualan : Semua kalangan , Remaja , Orangtua , anak-anak .
Kebutuhan dana {modal} : 200.000

Berikut adalah Perincian Biaya serta kebutuhan yang kami susun ;
Perincian Biaya :
Bahan Dasar
Biskuit MARIE ROMA @3000*33bungkus = Rp. 99.000,-
Susu Kental Manis @6000* 7kaleng = Rp. 42.000,-
Tusuk gigi @2500*6(isi:100) = Rp. 15.000,-
Topping
Mesis = Rp. 5.000,-
Keju = Rp. 15.000,-
Selai Strawberry = Rp. 10.000,-
Selai Blueberry = Rp. 14.000,-
TOTAL = Rp. 200.000,-
(untuk 700buah)


KEUNTUNGAN
Modal : Rp 200.000,-
Cash back : 700 buah X @500 = Rp 350.000
Keuntungan : Rp 150.000,-



*sebenernya ini ga salah tapi gini letak kesalahannya adalah jenis usaha nya yg pre order ENTERPRENEURSHIP itu adalah usaha yg terus berkembang tidak hanya semata mata menyambung hidup sja tapi banyak yg harus diperjuangkan disitu
1 . USAHA ITU SENDIRI
2. KARYAWAN
3. BAGAIMANA CARA USAHA ITU TERUS BERKEMBANG ex: buka CABANG USAHA

yes that's ENTERPRENEURSHIP :)

kalau ingin buat usaha enterpreneurship ya minimal dana Rp 2.500.000,- {baca : dua juta lima ratus ribu} #uang semua looh

jadi enterpreneurship tidak harus bermodal kan dari uang sendiri bisa dari BANK pinjaman SAUDARA ataupun Patungan dengan teman jadi kan kalau patungan meminimalkan resiko #RUGI BARENG tp untung nya bareng bareng


#LANJUUUUT




Entrepreneurial Mindset

Action Oriented
Berpikir Simpel
Selalu Mencari Peluang Baru
Mengejar Peluang dengan Disiplin Tinggi
Hanya mengambil Peluang Terbaik
Fokus pada Eksekusi
Memfokuskan Energi setiap orang dalam bisnis

0 komentar: